ALGORITMA FLOYD-WARSHALL DAN PENERAPANNYA PADA PENENTUAN RUTE TERPENDEK OBJEK WISATA DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Laily Kurnia Putri, Himmawati Puji Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah penentuan rute terpendek objek wisata di Kabupaten Gunungkidul dengan Algoritma Floyd-Warshall dan mengetahui rute terpendek menuju objek wisata di Kabupaten Gunungkidul yang direkomendasikan. Penelitian ini menggunakan Algoritma Floyd-Warshall untuk menentukan lintasan terpendek dengan data yang digunakan bersumber dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul dan Google Maps. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk graf kemudian dilakukan perhitungan rute terpendek dengan Algoritma Floyd-Warshall untuk memperoleh lintasan terpendek menuju setiap objek wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan rute terpendek menuju objek wisata di Kabupaten Gunungkidul dengan Algoritma Floyd-Warshall diawali dengan merepresentasikan graf sebagai suatu matriks berbobot, dilanjutkan dengan melakukan iterasi sebanyak jumlah node yaitu sebanyak 55 buah, untuk memperoleh matriks dengan nilai bobot antar node terkecil. Dari matriks tersebut dapat dilihat rute terpendek untuk setiap node pada suatu graf. Diperoleh 175 rute yang terbagi menjadi 5 pintu masuk sebagai titik awal. Rute yang melewati semua node yang sama dengan rute lain dikelompokkan menjadi satu pilihan paket wisata. Dari pintu masuk pertama terdapat 8 pilihan paket wisata, dari pintu masuk kedua terdapat 7 pilihan, dari pintu masuk ketiga dan keempat terdapat 13 pilihan dan dari pintu masuk kelima terdapat 9 pilihan.


Full Text:

PDF

References


Ardyan, S., Suyitno, A., & Mulyono. (2017). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Kabupaten Gunungkidul Dengan Program Visual Basic. UNNES Journal of Mathematics, 6(2), 108–116.

BPS Kabupaten Gunungkidul. (2020). Kabupaten Gunungkidul Dalam Angka 2020. BPS Badan Pusat Statistk Kabupaten Gunungkidul.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. (2019). Profil Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Kriswanto, Y. R., Bendi, K. J. R., & Aliyanto, A. (2014). Penentuan Jarak Terpendek Rute Transmusi Dengan Algoritma Floyd-Warshall. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (SEMANTIK), November, 209–216.

Manongga, D., Papilaya, S., & Pandie, S. (2009). Sistem Informasi Geografis umtuk Perjalanan Wisata di Kota Semarang. Jurnal Informatika, 10(1), 1–9.

Marlina, L., Suyitno, A., & Mashuri. (2017). Penerapan Algoritma Dijkstra Dan Floyd-Warshall Untuk Menentukan Rute Terpendek Tempat Wisata Di Batang. Unnes Journal of Mathematics, 6(1), 36–47.

Purwananto, Y., Purwitasari, D., & Wibowo, A. W. (2005). Implementasi dan analisis algoritma pencarian rute terpendek di kota surabaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Telekomunikasi, 10(2), 94–101.

Sanan, S., Jain, L., & Kappor, B. (2013). Shortest Path Algorithm. International Journal of Application or Innovation in Engineering and Management (IJAIEM), 2(7), 316–320.

Setiawan, V., Kiftiah, M., & Partiwi, W. B. (2017). Analisis Algoritma Floyd Warshall untuk Menentukan Lintasan Terpendek Pengangkutan Sampah ( Studi Kasus : Pengangkutan Sampah di Kabupaten Kubu Raya ). Buletin Ilmiah Math. Stat. Dan Terapannya (Bimaster), 06(3), 221–230.

Triana, Y. S., & Syahputri, I. (2018). Implementation Floyd-Warshall Algorithm for the Shortest Path of Garage. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 3(2), 871–878.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.