ANALISIS PERBANDINGAN MODEL ARUS LALU LINTAS LWR MELALUI MODEL HUBUNGAN DENSITAS-KECEPATAN GREENSHIELD-UNDERWOOD

Kathrina Natalia Maharani, Nikenasih Binatari

Abstract


Model hubungan densitas-kecepatan secara linier ditemukan oleh Greenshield, sedangkan model hubungan densitas-kecepatan Underwood berupa fungsi eksponensial. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa mengenai model pendekatan arus lalu lintas LWR melalui model hubungan densitas-kecepatan Greenshield-Underwood, serta perbandingan model pendekatan arus lalu lintas LWR melalui model hubungan densitas-kecepatan Greenshield-Underwood. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menurunkan model LWR terlebih dahulu, kemudian mensubstitusikan hubungan linier dan eksponensial dari model hubungan densitas-kecepatan yang digunakan. Selanjutnya kurva karakteristik dan solusi dari model ditentukan dengan menyatakan persamaan Lagrange-Charpit. Analisa perbandingan dilakukan dengan menggunakan simulasi pada tiga kasus. Hasil dari perbandingan model LWR melalui model hubungan densitans-kecepatan Greenshield-Underwood yaitu pada kasus tanpa fan-like characteristic dan shock wave model Underwood menunjukkan nilai densitas yang lebih besar dibanding model Greenshield. Pada kasus dengan fan-like characteristic, model Underwood dan model Greenshield mempunyai nilai densitas yang sama besar. Pada kasus shock wave, model Greenshield mempunyai nilai densitas yang lebih besar dibandingkan model Underwood. Dilihat dari solusi umumnya, model Greenshield lebih cepat mengalami perubahan nilai densitas dibandingkan model Underwood. Model Underwood menunjukkan nilai kecepatan yang lebih besar dibandingkan model Greenshield.


Full Text:

XML

References


Aryes, Frank. (1992). Persamaan Diferensial dalam Satuan SI Metric. Terjemahan Lily Ratna. Jakarta: Erlangga.

Dedy, Endang, dkk. (2003). Common TextBook Kalkulus I. Bandung: JICA.

Dym, L. Clive dan Eizabeth S Ivey. (1980). Principle of Mathematical Modeling. New York: Academia Press.

Greenshield, B.D. (1934). A study of traffic capacity, Proc. Highw. Res. Bd, 14 448-74.

Haberman, Richard. (1998). Elementary Applied Partial Differential Partial Equations with Fourier Series and Boundary Value Problems Third Edition. New Jersey: Prentice Hall International.

Iswato, Ripno Juli. (2012). Pemodelan Matematika: Aplikasi dan Terapannya. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Leithold, Louis (Alih bahasa: E. Hutahaean). (1986). Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik. Jakarta: Erlangga.

Lihgthill, M.J and Whitham, G.B. (1955). On Kinematic Waves II. A Theory of Traffic Flow on long Crowded Road. Great Britain: Royal Society.

Mayer, Walker J. (1984). Concept of Mathematical Modeling. New York: McGraw-Hill Book Company.

Nagel, K. (1995). “Practicle Hopping Vs. Fluid Dynamical Models For Traffic Flow”.

Varberg, D., Purcell, E., & Rigdon, S. (2006). Calculus(9th Edition).New Jersey: Prentice Hall.

Rahadi, R. dkk. (2003). Persamaan Diferensial Biasa. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, Malang.

Richards, P.L. (1956). Shock Waves on the Highway, Operations Researches 4, 42-51.

Rich, B. (1906). Schaum’s outline of theory and problems of geometry: includes plane, analytic, and Transformational Geometries.

Ross, Shepley L. 2004. Differential Equations Third Edition. USA: John Wiley And Sons Inc.

Santosa, W dan R.J. Pamuntjak. (1993). Persamaan Diferensial Biasa. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Dikti.

Spiegel, Murray R. (1992). Seri Buku Schaum: Teori dan Soal-Soal Kalkulus Lanjutan (Alih Bahasa). Jakarta: Erlangga.

Susanta, B. (1989). Model Matematika UT. Jakarta.

Underwood, R. T. (1961). Speed Volume, aand Density Relationships: Quality and Theory of Traffic Flow. Yale Bureau of Highway Traffic, pp, 141-188.

Van Wageningen-Kessels, Femke, et al. (2014). Genealogy of Traffic Flow Models. Journal on transportations and Logistics, 4, 445-473.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.