Aplikasi fuzzy topsis untuk menentukan prioritas perawatan jalan di Kabupaten Sleman

Sivica Elmaningtyas, Sri Andayani

Abstract


Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten di Provinsi DI Yogyakarta yang memiliki tingkat kecelakaan tinggi. Selain akibat kelalaian manusia, penyebab terjadinya kecelakaan yaitu kondisi jalan yang rusak akibat beban kendaraan ataupun cuaca dan iklim. Oleh karena itu, untuk memperlambat laju kerusakan perlu dilakukan perawatan jalan. Namun, dengan banyaknya ruas jalan yang rusak diperlukan urutan prioritas agar jalan-jalan yang krusial dapat ditangani terlebih dahulu. penelitian ini bertujuan menyusun model aplikasi metode Fuzzy TOPSIS dalam menentukan prioritas perawatan jalan, khususnya di Kabupaten Sleman. Model tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi sistem pendukung keputusan berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan manajemen database MySQL yang dapat menghasilkan rekomendasi prioritas perawatan jalan. Pemodelan disusun dengan menggunakan data jalan di Kabupaten Sleman pada tahun 2018. Terdapat sebanyak 320 data yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sleman. Data memuat 12 variabel yang kemudian diseleksi menjadi 7 variabel untuk digunakan sebagai kriteria keputusan dari model SPK yang dikembangkan. Kriteria yang digunakan yaitu panjang kondisi baik, panjang kondisi sedang, panjang kondisi rusak ringan, panjang kondisi rusak berat, persentase kerusakan, LHR dan akses ke jalan. Model Fuzzy TOPSIS yang dihasilkan mengakomodasi kriteria pengambilan keputusan yang memiliki nilai linguistik fuzzy. Model ini juga mengakomodasi adanya lebih dari satu pengambil keputusan yang dapat memberikan justifikasi bobot kriteria fuzzy. Nilai linguistik tersebut direpresentasikan dengan bilangan fuzzy segitiga.


Full Text:

PDF

References


Anita, Kustamar, & Putranto, E.H.D. (2018). Penentuan Skala Prioritas Pemeliharaan Berkala Jalan di Kabupaten Malang. Jurnal Teknik Sipil Infomanpro, 7(2).

Chen, C.T. (2000). Extensions of the TOPSIS for group decision-making under fuzzy environment. Fuzzy Sets and Systems, 114(1), 1–9.

Eren, O. & Raouf, B. (2020). Ranking Construction Contractors of Municipality Baised on (Fuzzy-Topsis) Multi Criteria Decision Making in Herat Province. GE-International Journal of Management Research, 8.

Halim, B.C., Alamsyah, & Sugiman. (2016). METODE FUZZY TOPSIS MADM SEBAGAI ALTERNATIF PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENENTUKAN PENERIMA BEASISWA PPA BERBASIS WEB. UNNES Journal of Mathematics, 5(1).

Klir, G., St. Clair, U., & Yuan, B. (1997). Fuzzy set theory: Foundations and applications. New Jersey: Prentice Hall.

Kore, N.B., Ravi, K., & Patil, S.B. (2017). A Simplified Description of FUZZY TOPSIS Method for Multi Criteria Decision Making. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 4(5).

Lestari, S. & Proyodiprodjo. W. (2011). Implementasi Metode Fuzzy TOPSIS untuk Seleksi Penerimaan Karyawan. IJCCS, 5(2).

Marietta, D. & Yosritzal. (2022). Perbandingan Kriteria Prioritas Pemeliharaan Jalan. Jurnal Civronlit Unbari, 7(1), 1-6.

Oguztimur, S. (2011). Why Fuzzy Analytic Hierarchy Process Approach For Transport Problems?. European Regional Science Association, 11, 438.

Oktariani, D., Andresrawi, D., & Setiawan, Y. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemetaan Prioritas Perbaikan Jalan dan Jembatan Nasional di Provinsi Bengkulu Menggunakan Metode Topsis dan Fuzzy C-Means. Jurnal Rekursif, 5(2).

Oktharandi, R. R. (2013). Prioritas Pemeliharaan Jalan Non Lingkungan di Kota Surakarta dengan Metode AHP. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Prawira, T. Y. & Hakim, D.K. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web untuk Menentukan Penjurusan (IPA/IPS/Bahasa) pada SMA Islam Bumiayu. Jurnal Informatika, 1(4).

Rahman, F., Furqon, M.T., & Santoso, N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Perbaikan Jalan Menggunakan Metode AHP-TOPSIS (Studi Kasus: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Ponorogo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), 4365-4370.

Regitha, A.P., Hidayat, N., & Widodo, A.W. (2019). Rekomendasi Prioritas Perbaikan Jalan Dengan Metode AHP-SAW-TOPSIS (Studi Kasus: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3, 2960-2969.

Rofiah, S. (2016). Seleksi Penerimaan Calon Manajer Menggunakan Fuzzy-TOPSIS Pada PT. Samafitro. Information Management for Educations and Professionals, 1(1).

Saghafian, S., Hejazi, S.R. (2005). Multi-criteria Group Decision Making Using A Modified Fuzzy TOPSIS Procedure. Proceedings of the 2005 International Conference on Computational Intelligence for Modelling, Control and Automation, and International Confe Intelligent Agents, Web Technologies and Internet Commerce

Sahin, B., Yip, T.L., Tseng, P.H., et al. (2020). An Application of a Fuzzy TOPSIS Multi-Criteria Decision Analysis Algorithm for Dry Bulk Carrier Selection. Information, 11,251.

Saputri, S.W. & Indrianawati. (April, 2021). Analisis Pola Spasial dan Tingkat Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Sleman. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Geomatika.

Sari, T.R. (2016). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kos Daerah Surabaya dengan Metode Fuzzy Topsis Berbasis Mobile. Skripsi. Prodi Sistem Informasi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Sukerti, N. K. (2015). Penerapan Fuzzy TOPSIS Untuk Seleksi Penerimaan Bantuan Kemiskinan. Jurnal Informatika, 15(2).

Sushera, V., Rohman, M.A., & Kartika, A.A.G. (2018). Analisis Prioritas Pemeliharaan Jalan Kabupaten Karanganyar Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Transportasi, 1,2622-6847.

Voskoglou, M. (2015). Use of the Triangular Fuzzy Numbers for Student Assessment. Academic Journal of Applied Mathematical Sciences.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.