Optimasi penjadwalan kereta api bandara YIA dan prameks rute Yogyakarta – Wojo menggunakan algoritma branch and bound

Muhammad Haris Sulthoni, Caturiyati Caturiyati

Abstract


Sejak direnovasinya Stasiun Wojo pada tahun 2019, rute Yogyakarta – Wojo mengalami peningkatan penggunaan rel kereta api yang mengakibatkan tingginya resiko keterlambatan dan kecelakaan pada jalur tersebut. Rute tersebut meliputi Stasiun Wojo, Wates, dan Yogyakarta. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan jadwal kereta api yang baik pada rute Yogyakarta – Wojo. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimumkan waktu perjalanan KA Bandara YIA dan Prameks dengan cara meminimumkan waktu keterlambatan menggunakan Metode Branch and Bound. Hasil dari perhitungan tersebut akan disusun menjadi jadwal yang baru untuk rute Yogyakarta – Wojo. Selain itu, Metode Revised Simplex juga digunakan dalam menyelesaikan model matematika permasalahan tersebut. Model yang digunakan adalah program linier integer murni. Sebanyak 34 dari 94 perjalanan kereta api yang melintas rute Yogyakarta – Wojo dijadikan sebagai bahan penelitian. Diperoleh hasil perhitungan bahwa dua kereta api yang mengalami keterlambatan dengan total waktu sebesar 6 menit, yaitu KA 506F dan KA 508F. Hasil tersebut menunjukkan 32 kereta api lainnya dapat dioptimumkan waktu perjalanannya dengan baik. Jadwal optimal yang diperoleh menunjukkan bahwa Metode Branch and Bound dapat mengoptimalkan waktu perjalanan KA Bandara YIA dan KA Prameks sebesar 12,76%.

Full Text:

PDF

References


Eikland, K. (2021, May 12). Introduction. Retrieved from Introduction to lp_solve 5.5.2.11: http://lpsolve.sourceforge.net/5.5/Intro.htm

Khotimah, I., Wijayanti, H., & Setyaningsih, S. (2021). Pemodelan Integer Linear Programming pada Penjadwalan Produksi Tipe Flowshop dan Program Optimasi Waktu dengan Metode Branch And Bound Studi Kasus: PT UNITEX. Jurnal Matematika Terapan, 44-51.

Lee, Y., & Chen, C.-Y. (2009). A heuristic for the train pathing and timetabling problem. Transportation Research Part B, 837-840.

Septianita, W., Winarno, W. A., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 54.

Sintasari, F. (2020, August 26). Jokowi Resmikan Yogyakarta International Airport (YIA) Jumat Besok. Retrieved October 8, 2020, from https://jogja.idntimes.com/news/jogja/febriana-sintasari/jokowi-resmikan-yogyakarta-international-airport-yia-jumat-besok


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.