OPTIMASI PRODUKSI AIR MINERAL KEMASAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN NONLINEAR DENGAN MENGAPLIKASIKAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND PADA PT. MITRA TIRTA BUWANA

Della Ayu Sagita1 , Eminugroho Ratna Sari

Abstract


Abstrak

Optimasi merupakan  proses penyelesaian masalah yang bertujuan untuk menemukan kondisi terbaik yang mampu memberikan nilai maksimum atau minimum. Salah satu masalah optimasi adalah optimasi produksi air mineral kemasan di PT. Mitra Tirta Buwana yang ingin memaksimalkan hasil penjualan. Produk yang digunakan sebagai variabel adalah produk cup 240 ml, botol 600 ml dan botol 1500 ml. Pendekatan model nonlinear terhadap data dilakukan menggunakan fungsi polinomial dua, polinomial tiga, dan polinomial empat. Berdasarkan identifikasi galat dari setiap pendekatan model tersebut diperoleh bahwa pendekatan terbaik adalah pendekatan fungsi polinomial dua. Kemudian, pendekatan model nonlinear polinomial dua dilinearisasi menggunakan syarat Karush Kuhn Tucker(KKT). Setelah diperoleh model linear kemudian diselesaikan dengan mengaplikasikan algoritma branch and bound. Hasil penelitian optimasi produksi air mineral kemasan sebagai solusi optimum adalah 1656 karton cup 240 ml, 70 karton botol 600 ml, dan 9 karton botol 1500 ml sehingga diperoleh hasil penjualan optimum adalah Rp ,-.

 

Kata kunci : optimasi, air mineral, pemrograman nonlinear, syarat Karush Kuhn Tucker, algoritma branch and bound.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.