ANALISIS SENTIMEN TERHADAP DATA TWEET UNTUK BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) MENGGUNAKAN PROGRAM R

Fahmi Nurulbaiti , Retno Subekti, M. Sc.2

Abstract


Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, pendapat masyarakat terhadap program pemerintah Indonesia dapat dilihat melalui jejaring sosial  Twitter. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah salah satu penyelenggara program pemerintah Indonesia yang sering mendapat tanggapan baik positif maupun negatif dari masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam melakukan analisis sentimen masyarakat Indonesia dengan menggunakan Program R, mengetahui topik-topik yang sering diperbincangkan masyarakat Indonesia terkait dengan BPJS serta mengetahui tanggapan  masyarakat terhadap keberadaan BPJS. Penelitian ini menggunakan data berbentuk teks yang didapatkan dari tulisan warganet pada jejaring sosial Twitter. Data yang digunakan yaitu sebanyak 1000 tweets dan dibatasi hanya tweet berbahasa Indonesia saja. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan text mining dan scoring sentiment. Pengambilan data, pengolahan data, serta visualisasi informasi dilakukan dengan bantuan Program R. Hasil penelitian menunjukkan, langkah-langkah untuk melakukan analisis sentimen dengan program R yaitu dengan memiliki API untuk melakukan crawling data, kemudian melakukan transforming, filtering, dan stemming pada tahap preprosesing, lalu memvisualisasikan data dalam bentuk histogram dan wordcloud, terakhir scoring tweet dan menghitung skor tweet keseluruhan untuk mengetahui sentimen yang dominan. Visualisasi pada wordcloud maupun histogram terhadap data tweets BPJS memuat informasi mengenai topik-topik yang paling sering dibicarakan masyarakat di jejaring sosial Twitter berkaitan dengan BPJS. Topik tersebut antara lain riba, dokter, tolak, kesehatan, dan pasien. Analisis sentimen tweets masyarakat pada jejaring sosial Twitter terhadap BPJS adalah sentimen negatif. Hal ini berarti program BPJS masih belum sepenuhnya memuaskan masyarakat.

 

Kata kunci: analisis sentimen, BPJS, program R, twitter


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.