EVALUASI KUALITAS PENDIDIKAN YAYASAN ISLAM DI KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT

Siti Umi Lathifah, Badrun Kartowagiran

Abstract


Evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian kualitas pendidikan dalam hal pembinaan guru, pelaksanaan proses pembelajaran, kesiapan sarana prasarana, dan kualitas lulusan di SMA/MA binaan yayasan Islam Kubu Raya. Evaluasi dilakukan terhadap program di SMA/MA binaan yayasan Islam dengan menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan model evaluasi Discrepancy Evaluation Model (DEM). Hasil evaluasi menunjukkan (1) kualitas pendidikan di SMA/MA binaan yayasan Islam dalam membina guru terlaksana dengan baik, yakni kualifikasi akademik guru terpenuhi dan guru memiliki pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun; (2) proses pembelajaran di SMA/MA binaan yayasan Islam terselenggara dengan baik, yakni guru mengajar sekurang-kurangnya 24 jam/minggu, mampu menyampaikan materi, mampu mengelola kelas, melaksanakan penilaian hasil belajar untuk mengukur kemampuan siswa, dan melakukan pengawasan proses pembelajaran dengan baik; (3) sarana prasarana pendidikan di SMA/MA binaan yayasan Islam terpenuhi dengan baik, yakni tercukupi ruang pendukung penyelenggaraan pendidikan dan terjaminnya keamanan, kenyamanan, kesehatan, dan keselamatan sarana pendidikan; (4) lulusan yang dihasilkan SMA/MA binaan yayasan Islam belum memiliki kualitas baik, yakni rata-rata nilai Ujian Nasional (6,60) dan rata-rata Nilai Akhir (6,87) kurang dari standar KKM yang ditetapkan yakni 7,00.

Keywords


evaluasi kualitas pendidikan; yayasan Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats