EVALUASI PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK PADA SMK PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Alita Arifiana Anisa, Amat Jaedun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian otentik pada SMK Program Keahlian Keuangan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan model evaluasi discrepancy. Penelitian ini dilakukan di 3 SMK pilot project Kurikulum 2013, yaitu SMK N 1 Wonosari, SMK N 1 Bantul dan SMK N 1 Pengasih dengan menggunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penerapan penilaian otentik pada SMK Program Keahlian Keuangan di Daerah Istimewa Yogyakarta tergolong sangat baik dengan skor 2,26 (skala 0 sampai 3). Skor tersebut merupakan rerata skor dari dua dimensi, yaitu perencanaan penilaian otentik dengan skor 2,55 (sangat baik) dan pelaksanaan penilaian otentik dengan skor 1,98 (baik). Lebih lanjut diketahui bahwa 100% guru SMK Program Keahlian Keuangan di Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan tindak lanjut penilaian otentik dengan melakukan remedial dimana 18,18% diantaranya juga melakukan pengayaan.

Keywords


Evaluasi; SMK; Penilaian Otentik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats