PERKEMBANGAN PERIKLANAN DI SURAT KABAR BERNAS TAHUN 1967-1998.

Ermawan Ermawan

Abstract


Periklanan  di Indonesia  mengalami  perkembangan  yang  pesat pada masa
Orde Baru. Pada masa pemerintahan Orde Baru terdapat berbagai kebijakan-
kebijakan yang sangat mempengaruhi  terhadap industri periklanan di Indonesia.
Kebijakan   tersebut   secara   langsung   memberi   dampak   terhadap   periklanan
nasional maupun lokal. Periklanan lokal seperti di Yogyakarta juga terpengaruh
dampak dari kebijakan-kebijakan pemerintah Orde Baru saat itu. Kebijakan-
kebijakan   tersebut   juga   berdampak   terhadap   perkembangan   periklanan   di
Yogyakarta khususnya surat kabar Bernas. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini
adalah  untuk  merekontruksi  sejarah   periklanan  di Yogyakarta.  Selain  itu juga
untuk mengetahui  perkembangan  jenis iklan di surat kabar Bernas dan dampak
yang  ditimbulkan  dari  kebijakan  pemerintah  Orde  Baru  Saat  itu khususnya  di
Yogyakarta.
Penelitian   ini  menggunakan   metode  sejarah  kritis,  dengan  tahap-tahap
sebagai  berikut,  pertama,  tahap  heuristik  dengan  melakukan  pencarian
menemukan  dan menghimpun  jejak-jejak  dari peristiwa  masa  lampau  terhadap
sumber-sumber sejarah. Kedua, tahap kritik sumber merupakan tahapan untuk
memperoleh keotentikan dan kredibilitas dari sumber-sumber  sejarah yang telah
dihimpun. Ketiga, tahap interpretasi  dengan mencari pengertian dan keterkaitan
dari berbagai fakta-fakta yang mendukung terjadinya suatu peristiwa
sejarah.Keempat,  tahap historiografi sebagai upaya untuk melakukan pemaparan
hasil penelitian yang dihasilkan.
Dari kajian yang telah dilakukan, periklanan di Indonesia bermula dari
datangnya  bangsa Belanda ke Indonesia yang kemudian  mengawali  cikal bakal
tumbuhnya industri media di Indonesia. Perkembangan jenis dan jumlah iklan di surat
kabar Bernas banyak dipengaruhi  oleh pertumbuhan  ekonomi  masyarakat
Yogyakarta saat itu yang mayoritasnya bekerja di sektor industri. Kebijakan
pemerintah yang menerapkan UUPMA, pelarangan iklan di Televisi Republik
Indonesia, dan kebijakan perijinan beroperasinya kembali televisi-televisi swasta
juga mempengaruhi jumlah porsi dan jenis dari pemasangan iklan di surat kabar
ini.
 
Kata Kunci: Periklanan, Surat Kabar, Bernas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.