PERAN MISIONARIS SOCIETAS VERBI DIVINI DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT DI MANGGARAI 1913-1965

Yoseph Kopertino Sanidam

Abstract


Kongregasi misionaris Serikat Jesuit merupakan kongregasi yang pertama di Manggarai. Seiring berjalannya waktu, kongregasi misionaris Serikat Jesuit mengalami masalah pada kekurangan tenaga imam sebagai pelayan masyarakat juga  sulitnya  transportasi  saat  itu  untuk  menghubungkan  satu  wilayah  kerja dengan  lainnya,  sehingga  hal  inilah  yang kemudian menjadi  alasan  mendasar kongregasi misionaris Serikat Jesuit untuk menyerahkan Manggarai sebagai wilayah kerjanya kepada kongregasi misionaris  Societas Verbi Divini. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui Peran Misionaris Societas Verbi Divini dalam perkembangan Masyarakat di Manggarai pada tahun 1913-1965.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah kritis. Pertama, heuristik merupakan tahap pengumpulan data atau sumber-sumber sejarah yang relevan. Kedua, kritik sumber merupakan tahap pengkajian terhadap otentisitas dan  kredibilitas  sumber-sumber  yang  diperoleh  yaitu  dari  segi  fisik  dan  isi sumber. Ketiga, interpretasi yaitu dengan mencari keterkaitan makna yang berhubungan antara fakta-fakta yang telah diperoleh sehingga lebih bermakna. Keempat, historiografi atau penulisan yaitu penyampaian sintesis dalam bentuk karya sejarah.

Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  dengan  kehadiran  para  Imam- imam dari Kongregasi misionaris Societas Verbi Divini di Manggarai membawakan pengaruh yang sangat besar pada masyarakat Manggarai, dengan meninjauh segalah bentuk karya sosial yang dilakukan oleh kongregasi misionaris Societas Verbi Divini pada bidang pendidikan dan pada bidang sosial ekonomi guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Manggarai.

 

 

 

Kata kunci : Missionary, SocietasVerbiDivini, Manggarai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.