Strategi komunikasi pemasaran salon Diana Spa Mataram dalam membangun brand awareness

Vivi Dhiya Lutfhiyah, Gilang Jiwana Adikara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran salon Diana SPA Mataram dalam membangun brand awareness dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran terhadap brand awareness konsumen salon Diana SPA Mataram. Pada penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung melalui wawancara terhadap 4 informan. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data yaitu teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti menurut Lexy J Moleong yaitu reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Salon Diana Mataram dalam membangun brand awareness yaitu product, price, place, promotion, process, people, physical evidence, segmenting, targeting, dan positioning. Faktor pendukung dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran untuk membangun brand awareness salon Diana SPA adalah fasilitas yang diberikan kepada divisi marketing untuk menunjang kelancaran proses promosi, dan faktor penghambatnya adalah konsumen yang sudah reservasi tidak datang tepat waktu sehingga menyebabkan lamanya antrian bagi konsumen lain, adanya perangkapan tugas pada divisi marketing yang juga menjalankan tugas sebagai admin. Selain itu juga Salon Diana belum memiliki public relation sehingga owner sendiri masih berperan sebagai public relation.

Kata Kunci : Brand Awareness, Pemasaran, Strategi Komunikasi

 

Abstrack

            This study aims to determine the marketing communication strategy of Diana SPA Mataram salon in building brand awareness and to determine the supporting and inhibiting factors in the application of marketing communication strategies to consumer brand awareness of Diana SPA Mataram salon. In this study using qualitative research. The data used in this study were obtained from primary data and secondary data. Primary data obtained directly through interviews with 4 informants. In this study, the data collection methods used were interviews and documentation. Data analysis techniques used by researchers according to Lexy J Moleong are data reduction, data presentation, data interpretation and drawing conclusions. The results showed that the marketing communication strategies used by Salon Diana Mataram in building brand awareness were product, price, place, promotion, process, people, physical evidence, segmentation, targeting and positioning. The supporting factors in the implementation of the marketing communication strategy to build Diana SPA salon brand awareness are the facilities provided to the marketing division to support the smooth promotion process, and the inhibiting factor is that consumers who make reservations do not arrive on time, causing long queues for other consumers. , there are dual tasks in the marketing division which also performs duties as admin. In addition, Salon Diana does not yet have a public relations officer, so the owner himself still plays the role of public relations.

Keywords : Brand Awareness, Marketing, Communication Strategy

Keywords


Brand Awareness, Pemasaran, Strategi Komunikasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i4.20978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats