Strategi Government Public Relations (GPR) Pemda DIY dalam mengelola informasi publik pasca pandemi covid-19

Ilham Hilal Ramadhan, Eko Prasetyo Nugroho Saputro

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi dan kendala Humas Pemda DIY dalam mengelola informasi publik pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Data penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu wawancara dan diperkuat dengan data sekunder melalui dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Humas Pemda DIY dalam mengelola informasi publik pasca pandemi Covid-19 yaitu dengan 1) pendefinisian masalah yaitu Humas Pemda DIY mengidentifikasi sebuah  isu atau permasalahan melalui tim analis yang bertugas menganalisis isu atau permasalahan yang perlu ditindaklanjuti, 2) perencanaan program yaitu Humas Pemda DIY berkoordinasi dengan Subbag Protokol Setda DIY untuk melihat jadwal agenda terbaru pimpinan yang kemudian mempersiapkan tim peliputan yang terdiri dari reporter, videografer, dan fotografer, 3) aksi dan komunikasi (implementasi) yaitu Humas Pemda DIY melakukan peliputan secara langsung dan mengoptimalkan pemanfaatan media online dan media mainstream sebagai sarana penyebaran informasi, dan 4) evaluasi yaitu mekanisme evaluasi Humas Pemda DIY ini belum mempunyai standar evaluasi yang baik dalam mengelola aktivitas kehumasan khususnya dalam hal pengelolaan informasi publik. Kendala yang dihadapi oleh Humas Pemda DIY yaitu ada kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi  sarana dan prasarana yang kurang serta minimnya tenaga kerja. Kendala eksternal yaitu adanya lima isu permasalahan yang terus berulang setiap tahun di DIY.

Kata kunci : Strategi, Humas Pemerintah, Informasi Publik

 

Abstract

            This study aims to look at the DIY Regional Government Public Relations strategies and constraints in managing public information after the Covid-19 pandemic. This research uses descriptive qualitative method. Data collection methods include interviews and documentation. The validity of the data was checked using source triangulation techniques. Data analysis techniques use the Miles and Huberman models. The research data uses primary data sources, namely interviews and is strengthened by secondary data through documentation. The results of this study indicate that the DIY Regional Government Public Relations strategy in managing public information after pandemic Covid-19 is by 1) defining the problem, namely DIY Regional Government Public Relations identifying an issue or problem through a team of analysts tasked with analyzing issues or problems that need to be followed up, 2) program planning, namely DIY Regional Government Public Relations coordinating with the DIY Regional Secretariat Protocol Subdivision to see the latest leadership agenda schedule which then prepares a reporting team consisting of reporters, videographers, and photographers, 3) action and communication (implementation), namely the DIY Local Government Public Relations carries out live coverage and optimizes the use of online media and media mainstream as a means of dissemination of information, and 4) evaluation, namely the evaluation mechanism for Public Relations of the DIY Regional Government does not yet have good evaluation standards in managing public relations activities. The obstacles faced by the Public Relations of the DIY Regional Government are internal and external constraints. Internal constraints include inadequate facilities and infrastructure and a lack of manpower. External constraints is the existence of five issues that continue to recur every year in DIY.

Keywords : Strategy, Government Public Relations, Public Information

Keywords


Strategi, Humas Pemerintah, Informasi Publik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i2.20948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats