Reproduksi pesan roleplayer K-Pop di media sosial Facebook (studi etnografi virtual pada akun roleplayer Bangtan Sonyeondan)

Salma Yasmin Reyhanah, Suranto Aw

Abstract


Abstrak

Kehadiran platform media sosial berbasis Web 2.0 memberikan ruang bagi para penggemar untuk melangsungkan praktik budaya partisipasi berbasis virtual. Roleplay merupakan praktik budaya penggemar berbasis virtual termediasi intenet yang muncul sebagai hasil transformasi budaya konvensional ke budaya digital. Dalam melangsungkan aktivitas roleplaying-nya, roleplayer memiliki peran ganda. Peran tersebut adalah sebagai komunikator yang memproduksi unggahan berisi informasi seputar idolanya dan komunikan yang mengkonsumsi informasi seputar idola dari akun media sosial resmi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana In Character (IC) roleplayer BTS mereproduksi pesan di Facebook, dilihat dari aktivitas produksi dan pemaknaan pesan yang dikaitkan dengan Teori Logika Desain Pesan (Message Design Logics Theory) Barbara O’Keefe dan Teori Pemaknaan (Reception Theory) Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode etnografi virtual. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara semi terstruktur via ViCon (Video Conference) Zoom, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Identitas yang muncul pada profil akun roleplayer adalah identitas virtual yang merupakan konstruksi identitas online yang menggambarkan kehidupan offline, 2) Tema pesan yang muncul dalam unggahan roleplayer berhubungan dengan aktivitas nyata yang dilakukan oleh karakter idola yang diperankannya, dan 3) Reproduksi pesan roleplayer dapat dilihat melalui aktivitas produksi dan pemaknaan pesannya.

Kata Kunci : Produksi Pesan, Roleplayer, Etnografi Virtual

 

Abstract

The presence of web-based social media platform 2.0 provides space for the fans to carry out a virtual internet-based participatory cultural practices that has emerged as a result of the transformation of conventional culture into digital culture. During the roleplay, the roleplayer has a double role. The role is the communicators who produces an uploads information about their idol and the communicants who consumes information about their idol from official social media accounts. This study aims to find out how in character roleplayer BTS reproduces messages on Facebook, seen form the production and reception messages activites that are associated with Message Design Logic by Barbara O’Keefe and Reception Theory by Stuart Hall. This study uses a descriptive qualitative approach with virtual ethnography methods. The data collection method used in this study is the observer of participants, semi structured interview via ViCon Zoom and literature study. The research resuls showed that 1) The identity that appears on the roleplayer account profile is just a virtual identity which is an online identity construction that describe offline life, 2) The message theme that appears in the roleplayer’s upload is related to the real activity carried out by their portrayed idol character, and 3) The roleplayer’s message production can be seen through production and reception activity.

Keywords : Message Production, Roleplayer, Virtual Ethnography

Keywords


Produksi Pesan; Roleplayer; Etnografi Virtual; Message Production; Roleplayer; Virtual Ethnography

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i1.19247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats