PERSEPSI IKLAN GOJEK VERSI PARA PENJAGA AMANAH DI YOUTUBE PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Archan Julian Siswanto, Pratiwi Wahyu Widiarti

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi iklan Gojek versi Para Penjaga Amanah di Youtube pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian yaitu mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 85 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikirimkan secara online. Angket penelitian diuji validitas menggunakan teknik korelasi product moment (Pearson Correlation) dan reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif. Segala pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini pada variabel persepsi mahasiswa menunjukkan pada dimensi pengorganisasian bahwa mahasiswa mampu memahami susunan kata-kata dan alur cerita, merasa tertarik dan menimbulkan rasa penasaran untuk terus mengikuti alur cerita, tidak merasa bosan dengan durasi penayangan iklan, namun mahasiswa merasa jarang menemukan iklan tersebut saat mengakses Youtube. Sementara pada dimensi penafsirasn bahwa mahasiswa mudah memahami pesan utama iklan, menilai iklan tersebut memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, menilai iklan tersebut memiliki durasi penayangan yang ideal, dan menilai iklan tersebut memiliki frekuensi penayangan iklan yang masih kurang sehingga perlu ditingkatkan lagi.

Kata kunci : persepsi, durasi penayangan iklan, frekuensi penayangan iklan

 

Abstract

            The purpose of this thesis is to know the perception of Gojek advertising “Para Penjaga Amanah” version on Youtube in students of Communication Studies Program of Yogyakarta State University. This research uses quantitative approach with survey method. The research population is students of Communication Studies Program of Yogyakarta State University. The number of samples taken as many as 85 respondents with proportional stratified random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires submitted online. The research questionnaire tested validity using product moment correlation technique (Pearson Correlation) and reliability using Cronbach's Alpha technique. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis. All tests in this study were conducted with the help of IBM SPSS 22 program. The results of this thesis showed in the students perception variabel that dimension of organizing that students are able to understand the wording and storyline, feel interested and cause curiosity to continue to follow the storyline, do not feel bored with the duration of ad serving, but they feel rarely find these ads when accessing Youtube. While in the interpreter dimension that students easily understand the main message of the ad, assess the ad has its own uniqueness and characteristics, assess the ad has an ideal duration of delivery, and assess the ad has a frequency of ad delivery is still less so that it needs to be improved.

Keywords : perception, ad serving duration, ad serving frequency

Keywords


perception; ad serving duration; ad serving frequency

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v5i3.19175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats