MANAJEMEN REDAKSI AKUTAHU DALAM MENGELOLA KONTEN ADVERTORIAL

Muhammad Farhan Akmal, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Pratiwi Wahyu Widiarti, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini membahas Manajemen Redaksi Akutahu dan konten advertorial serta pagar api/batasan yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksi Akutahu dalam merancang dan mengemas konten advertorial dalam bentuk infografis dengan kanal bernama Ragam. Hasil penelitian ini ada tiga hal. Pertama manajemen yang dijalankan oleh perusahaan media Akutahu variatif. Manajemen Akutahu tetap menjalankan POAC (Planning, Organizing, Actuation dan Controlling) namun tidak baku. Kedua manajemen pengelolaan advertorial dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pra content, black box dan payment. Ketiga Batasan advertorial ada pada tahap pra content dan black box. Batasan atau pagar api antara advertorial dan berita itu tipis karena dinamakan sebagai konten. Advertorial yang diproduksi Akutahu memiliki nilai khusus yaitu positif, relevan serta bermanfaat bagi pembaca.

Kata kunci: Manajemen redaksi, pagar api dan advertorial

Abstract

            The This study discusses Akutahu's Editorial Management and advertorial content as well as the fire fences/boundaries created. This study aims to find out how the Akutahu editorial management in designing and packaging advertising content in the form of infographics with a channel called Ragam. The results of this study are three things. The first management run by the media company Akutahu was varied. Akutahu's management continued to implement POAC (Planning, Organizing, Actuation and Controlling) but not standard. Both advertorial management are carried out through three stages, namely pre content, black box and payment. The third limitation of advertorials is at the pre content and black box stages. The boundary or fire fence between advertorials and news is thin because it is as content. Advertisements produced by Akutahu have a special value, namely positive, relevant, and useful for readers.

Keywords : Editorial management, fire wall and advertorial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i2.18525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Farhan Akmal, Pratiwi Wahyu Widiarti

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats