POLA KOMUNIKASI PERSUASIF ANTI KEKERASAN OLEH KOMUNITAS PENCINTA DANGDUT SAHABAT HOLIC

Adiatma Pratama, Benni Setiawan

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi persuasif anti kekerasan oleh komunitas Sahabat Holic sebagai pelopor pencinta dangdut anti kekerasan dalam menyebarkan

pengaruhnya  pada  penonton  musik  dangdut  koplo  di  Bantul.  Penelitian  ini  menggunakan

metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu pendiri komunitas, anggota komunitas, dan penikmat dangdut koplo. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi persuasif anti kekerasan oleh komunitas pencinta dangdut Sahabat Holic menggunakan tiga pola komunikasi yaitu 1) Human Communication, 2) Attempted Influence, dan 3) Beliefs, Values or Attitudes.

Kata kunci: Kata kunci : Pola Komunikasi Persuasif, Proses Komunikasi Persuasif, Komunitas

Pencinta Dangdut, dan Komunitas Sahabat Holic

 

Abstract

            This study aims to describe the persuasive pattern of non-violent communication by the Sahabat Holic community as a pioneer of anti-violence dangdut lovers in their influence groups on the dangdut  koplo  music  audience  in  Bantul.  This  research  uses  descriptive  qualitative  research methods. The research subjects were determined by purposive sampling technique, namely the community founder, community members, and dangdut koplo connoisseurs. The data validity technique in this study used the source triangulation technique. The data analysis technique in this research used interactive analysis methods which included data reduction, display data, and conclusion/verification. The results showed that persuasive communication against violence by the dangdut lover community Sahabat Holic used three communication patterns, namely 1) Human Communication, 2) Attempted Influence, and 3) Beliefs, Values or Attitudes.

Keywords: Persuasive Communication Patterns, Persuasive Communication Processes, Dangdut

Lovers Community, and Sahabat Holic Community


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i1.18505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats