Citra Garuda Indonesia di Media Daring Berbasis YouTube (Analisis Isi Kasus Rius Vernandes dan Garuda Indonesia pada Media Daring YouTube tvOneNews, Official iNews, KOMPASTV)

Wisda Fatihur Rozi, Chatia Hastasari

Abstract


Abstrak

            Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui citra Garuda Indonesia dalam pemberitaan media sebelum dan sesudah manajemen Garuda Indonesia memberikan respon krisis terhadap kasus Sekarga dan Rius Vernandes. (2) Untuk mengetahui perubahan citra pemberitaan media yang terjadi antara sebelum dan sesudah manajemen Garuda Indonesia memberikan respon krisis kepada publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data yaitu media daring YouTube dari kanal tvOneNews, Official iNews, KOMPASTV. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilai yang kompeten (expert judgement). Hasil penelitian ini menunjukkan : 1). Citra yang ditampilkan dalam pemberitaan media daring YouTube tvOneNews, Official iNews, dan  KOMPASTV terhadap Garuda Indonesia atas kasus unggahan buku menu tulis tangan oleh Rius Vernandes cenderung negatif sebelum Garuda Indonesia memberikan respon krisis ke publik dan cenderung berubah menjadi positif setelah memberikan respon krisis. 3) Perbedaan perubahan citra yang ditampilkan media daring YouTube tvOneNews, Official iNews, dan KOMPASTV sebelum dan sesudah Garuda Indonesia memberikan respon terletak pada citra dalam penulisan judul, sub judul, isi atau narasi berita dan juga keberimbangan narasumber dalam pemberitaan.

Kata Kunci: Citra Perusahaan, Komunikasi Krisis, Majemen Krisis PR

 

Abstract

            This This project aims to: (1) Investigate the image of Garuda Indonesia in media coverage before and after Garuda Indonesia Management gave crisis response regarding the case of Sekarga and Rius Vernandes. (2) Investigate the shift of Garuda Indonesia image in the media coverage before and after Garuda Indonesia Management released the crisis response. The project uses qualitatif approach with content analysis method. The data were taken from three YouTube-Based Online media canals, tvOneNews, Official iNews, and KOMPASTV. Furthermore, Purposive Sampling method were used to collect the data. Moreover, the expert judgement were used to test the data validity. The result of the study shows : 1) The image of Garuda Indonesia presented in the YouTube- Based Online media tvOneNews, Official iNews, and KOMPASTV related to the case of Rius Vernandes relatively negative before Garuda Indonesia management released the crisis response and relatively positive after the management of Garuda Indonesia gave the public crisis response. 2) The YouTube-Based Online media tvOneNews, Official iNews, and  KOMPASTV shows that there are differences in the way they presented the image of Garuda Indonesia before and after the garuda Indonesia public crisis response. These differences or changes were shown on the title, sub title, news content, and the balance of the informations given by the interviewees.

Keywords: Company Image, Crisis Communication, Public Relation Crisis Management



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i1.18495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats