Konstruksi kecantikan pada unggahan foto model endorsement di akun Instagram @roromendutbeauty (Periode Juli-Desember 2019)

Qur'ani Puspa Dewi, Pratiwi Wahyu Widiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Konstruksi kecantikan yang terdapat dalam akun Instagram @roromendutbeauty melalui unggahan foto model endorsement. 2) Kecenderungan tipe kecantikan yang ada pada unggahan foto model endorsement di akun @roromendutbeauty. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode analisis isi (content analysis). Sejumlah 43 buah unggahan foto model endorsement dipilih sebagai objek dalam penelitian ini. Sumber data primer tersebut diperoleh melalui metode studi dokumen dengan peneliti sebagi instrumen penelitian. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber (data triangulation). Data dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis) kualitatif dengan menerapkan langkah-langkah berupa membuat pertanyaan penelitian, menentukan definisi kategori, membuat formulasi langkah demi langkah kategori indukstif dari materi, melakukan revisi kategori, melaksanakan pekerjaan akhir dari keseluruhan teks dan menyajikan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Akun Instagram @roromendutbeauty lewat unggahan foto model endorsement mengkonstruksikan kecantikan melalui karakter fisik perempuan yaitu yang memiliki kulit terang/putih, bertubuh langsing/kurus, serta memiliki rambut yang panjang dan lurus. Selanjutnya, kecantikan dimaknai dari dua sisi, yaitu kecantikan luar yang ditampilkan secara natural dan lebih berfokus pada kodisi kulit bukan make up serta aspek inner beauty yaitu perempuan yang memliki attitude dengan gaya yang tidak terlalu dibuat-buat. 2) Kecenderungan tipe kecantikan yang muncul adalah tipe kecantikan classic beauty/feminine yang ditampilkan lewat model endorsement dengan gaya pakaian sederhana yaitu memakai jenis pakaian yang tertutup berupa kaos/kemeja.

 

This study aims to describe; 1) Beauty constructions contained in the @roromendutbeauty Instagram account through uploading photos of endorsement models. 2) The tendency of beauty types in the upload of endorsement model photos on the @roromendutbeauty account. This study uses a qualitative methodology that is descriptive with content analysis methods. A total of 43 uploaded photos of the endorsement model were selected as objects in this study. The primary data source was obtained through the document study method with the researcher as a research instrument. The validity of the data was obtained through source triangulation (data triangulation). The data were analyzed using qualitative content analysis methods by applying the steps in the form of making research questions, determining category definitions, making step-by-step formulations of the indifferent categories of the material, conducting category revisions, carrying out the final work of the entire text and presenting the interpretation of the results. The results showed that; 1) Instagram account @roromendutbeauty by uploading a photo of an endorsement model constructs beauty through the physical character of women, namely those who have light / white skin, are slim / thin, and have long and straight hair. Furthermore, beauty is interpreted from two sides, namely outer beauty that is displayed naturally and focuses more on the condition of the skin, not make-up, and aspects of inner beauty, namely women who have an attitude with a style that is not too artificial. 2) The tendency of the type of beauty that appears is the classic beauty / feminine type which is displayed through the endorsement model with a simple clothing style, namely wearing a closed type of clothing in the form of a t-shirt /shirt.


Keywords


Konstruksi kecantikan, Tipe kecantikan, Instagram, Analisis isi, Beauty Match-Up Hypothesis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i4.16959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats