Model manajemen media pada media komunitas berbasis fans sepak bola (manajemen media sepakbola Jakarta)

Riri Rahayuningsih, Benni Setiawan

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model manajemen media Sepakbola Jakarta; (2) mengetahui upaya Sepakbola Jakarta dalam menghadapi persoalan dan tantangan demi menjaga konsistensi dan keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Selanjutnya, teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model manajemen media yang diterapkan Sepakbola Jakarta adalah model P3-F (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Forum Komunikasi); (2) Sepakbola Jakarta mampu menjaga eksistensi karena menciptakan branding media yang berbeda dengan media komunitas berbasis fans sepak bola lain, aktif di media sosial, dan mandiri secara finansial.

This research aimed to: (1) knowing about the media management model of Sepakbola Jakarta, (2) knowing the struggle of Sepakbola Jakarta to face the problems and challenges, in order to maintain consistency and continuity. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection technique of this research were interviews and documentation. The validaty data of this research was conducted by triangulation. Data analizyis technique of this research using the Miles and Huberman’s technique which consist of: data collection, data reduction, data presentation, and verification. The results of this research indicate that: (1) the media management model apllied by Sepakbola Jakarta is P3-F   model,   namely:   Perencanaan   (planning),   Pengorganisasian   (organizing),   Pelaksanaan (actuating), and Forum Komunikasi (communication forum); (2) Sepakbola Jakarta is able to maintain its existence because Sepakbola Jakarta creates a media branding that’s different with other football an-based community media, active on social media, and has financial independence.

 


Keywords


Manajemen media, media komunitas, Sepakbola Jakarta

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i2.16845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats