ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP BRAND IMAGE TOYOTA DALAM WEB SERIES ‘NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI’

Musthofi Hevina Lorga, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Chatia Hastasari, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui resepsi dalam diri khalayak dan untuk mengidentifikasi posisi pemaknaan khalayak terhadap Brand Image Toyota dalam web series “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi.  Subjek penelitian adalah mahasiwa sebagai penonton web series NKCTHI. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Data divalidasi dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deduktif dengan metode analisis resepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa resepsi yang ditimbulkan oleh khalayak dalam memahami makna pesan dapat berbeda-beda tergantung pada tingkat intensitas penggunaan produk, pengalaman yang pernah dirasakan serta  pengetahuan yang dimiliki, sehingga tidak semua khalayak akan menerima pesan secara penuh. Web series sebagai media rebranding dan promosi produk hanya diterima dan berlaku bagi khalayak yang tidak familiar terhadap brand Toyota. Sedangkan, bagi khalayak yang sudah aware dan familiar dengan brand Toyota, penayangan produk didalam web series akan menarik jika terdapat tayangan detail tentang produk dari brand Toyota.

Kata kunci: Analisis resepsi, Toyota, brand image, web series.

 

Abstract

This study aimed to find out about the audience’s reception and  identify the audience’s meaning position toward Toyota Brand Image in the web series "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". This study used the qualitative descriptive approach with a fenomenologi’s method. The subject’s research were the students as a viewer. The data collected through an Interview and study documentation. For the validity used the source’s triangulation. The data were analyzed by deductive technique with reception analysis method. The results of this research were receptions generated by people who understanding the meaning of messages can vary depend on the intensity used of products, the experience and the knowledge possessed, so that not all people will received the message fully. The web series as a rebranding and promotion products accepted and applies only by the audience that are not familiar with the brand Toyota. For the audience that has been aware with the brand Toyota, shows the details of the product became interesting things to packed and shown to them.

Keywords : analysis reception, Toyota, brand image, web series.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i2.16843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Musthofi Hevina Lorga, Chatia Hastasari

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats