RESEPSI KHALAYAK PROGRAM “GALERI HALAL”ADiTV THE AUDIENCE RECEPTION OF ‘GALERI HALAL’ ADiTV’S

Dainty Dheanara, Suranto Aw

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui resepsi khalayak setelah menonton program “Galeri Halal” ADiTV, (2) mengetahui perilaku khalayak ketika menonton program “Galeri Halal” ADiTV. Penelitian ini merupakan penelitian analisis resepsi khalayak dengan pendekatan kualitatif.. subjek atau informan penelitian ini adalah penonton program “Galeri Halal” yang berjumlah tiga informan dengan usia 22 tahun, 30 tahun dan 48 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan analisis konten. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan analisis resepsi dengan teori encoding-decoding Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Khalayak memilih program “Galeri Halal” sebagai referensi wisata kuliner dan penghilang rasa penat setelah beraktivitas. Khalayak menempatkan diri pada posisi pembacaan dominan. Mereka mengambil pesan yang disampaikan oleh media secara utuh, (2) Khalayak program “Galeri Halal” menyatakan bahwa program tersebut mampu membuat penontonnya merasa lapar, sehingga khalayak secara langsung mengambil makanan sambil menonton program tersebut. Saat iklan berlangsung khalayak lebih memilih untuk melakukan kegiatan lain, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga atau hanya sekedar bermain handphone. Selain itu khalayak terkadang mengganti channel ketika iklan berlangsung.

Kata kunci: analisis resepsi, galeri halal, dan khalayak televisi.

 

Abstract

This study aimed to: (1) to know the audience reception after watching “Galeri Halal” ADiTV’s program, (2) to know the behavior of the audience when watching the “Galeri Halal” ADiTV’s program. This research is a reception analysis with a qualitative approach. the subject or informant of this research is the audience of the “Galeri Halal” program which is determined by purposive sampling technique. For the validity used the source’s triangulation. Data analysis was performed by reception analysis with Stuart Hall’s encoding-decoding theory. The results of the research showed that: (1) the audience of the “Galeri Halal” program was used as a reference for culinary tourism and relieving fatigue after activities. The audience places itself in the dominant reading position. They take the message delivered by the media as a whole, (2) when the  advertisement takes place the public prefers to do other activities, such as doing household chores or just playing mobile phones. In addition, audiences sometimes change the channel when the advertisement takes place. The audience of the “Galeri Halal” program stated that the program was able to make the audience feel hungry, so the audience directly took food while watching the program.

Keywords: reception analysis, galeri halal, and television audience..

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i2.16841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats