PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YK.WKND.GIGS SEBAGAI MEDIA MUSIK ONLINE DI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN

Andhika Haryo Putro Laksono, Pratiwi Wahyu Widiarti

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan marketing mix (4P) oleh Yk.Wknd.Gigs dalam menyusun strategi komunikasi pemasarannya dalam meningkatkan jumlah pengiklan serta mengetahui kelebihan Yk.WKnd.Gigs dibanding media musik online lain di Yogyakarta.Penelitian ini mengggunakan konsep bauran pemasaran (4P). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data wawancara pada Komisaris Utama dan General Manager Yk.Wknd.Gigs. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sesuai dengan langkah-langkah strategi komunikasi pemasaran yang menunjukkan, a) Produk (Product) yaitu menawarkan publikasi acara, pembuatan acara, paket publikasi (tour radio, aktivasi promosi, dll), dan kolaborasi pembuatan acara,  b) Price (Harga) yaitu berupa diskon atau potongan harga dan memberikan data engagement dari Yk.Wknd.Gigs agar uang yang dikeluarkan oleh pengiklan tidak sia-sia, c) Place (Tempat) atau saluran distribusi yaitu saluran distribusi Yk.Wknd.Gigs untuk meningkatkan jumlah pengiklan adalah dengan approaching lewat DM di Instagram, whatsapp, dan e-mail.  Selain itu, Yk.Wknd.Gigs juga memperkenalkan Yk.Wknd.Gigs kepada orang-orang yang potensial untuk menjadi calon pengiklan jika datang ke sebuah acara yang berkaitan dengan musik. Namun, mereka juga mengkurasi target sasaran pengiklannya dengan menghindari pengiklan yang memiliki konten musik atau acara yang berisikan dangdut, d) Promosi (Promotion) yaitu Bentuk promosi yang digunakan ialah promosi lewat mulut ke mulut dan penwaran kepada calon pengiklan lewat online yaitu direct message instagram, e-mail, dan whatsapp. Sedangkan untuk kelebihan Yk.Wknd.Gigs sebagai media musik online adalah memberikan berita yang up to date, mendukung musisi/pembuat acara independen, dan tidak memberitakan atau mempromosikan musik dangdut tapi lebih ke genre pop, folk, dan rock.


Abstract

The purpose of this study is to describe the application of marketing mix (4P) by Yk.Wknd.Gigs in compiling marketing communication strategies in increasing the number of advertisers and knowing the strengths of Yk.WKnd.Gigs compared to other online music media in Yogyakarta. This research uses the concept of marketing mix (4P ). The approach used is a descriptive qualitative approach with interview data sources on the President Commissioner and General Manager Yk.Wknd.Gigs. The validity of the data of this study uses source triangulation techniques. Data analysis uses the Miles & Huberman model which includes, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study are in accordance with the steps of the marketing communication strategy which shows, a) Product (Product), namely offering event publications, event creation, publication packages (radio tours, promotional activations, etc.), and collaborative event creation, b) Price ) i.e. in the form of discounts or discounts and provide engagement data from Yk.Wknd.Gigs so that the money spent by advertisers is not in vain, c) Place or distribution channel, namely the distribution channel Yk.Wknd.Gigs to increase the number of advertisers is by approaching via DM on Instagram, whatsapp, and e-mail. In addition, Yk.Wknd.Gigs also introduces Yk.Wknd.Gigs to people who have the potential to become potential advertisers when they come to a music-related event. However, they also curate the advertiser's target by avoiding advertisers who have music content or events that contain dangdut, d) Promotion, which is a form of promotion used is word of mouth promotion and offers to prospective advertisers via online, namely direct message instagram, e-mail, and whatsapp. Whereas the strengths of Yk.Wknd.Gigs as an online music media are providing up-to-date news, supporting independent musicians / event makers, and not preaching or promoting dangdut music but more in the genre of pop, folk, and rock

 


Keywords


Strategi, Bauran, Komunikasi Pemasaran, 4P, Yk.Wknd.Gigs

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i2.16838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats