ANALISIS MANAJEMEN MEDIA BUKU SEBAGAI PRODUK KONVERGENSI (STUDI KASUS BUKU AROMA KARSA VERSI CETAK DAN DIGITAL)

Nokavia Adya Permata Putri, Dyna Herlina Suwarto

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan dan proses manajemen media buku Aroma Karsa karya Dee Lestari diterbitkan dalam versi cetak dan digital oleh dua penerbit yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus eksplanatoris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku Aroma Karsa karya Dee Lestari dapat disebut sebagai produk media yang menerapkan langkah konvergensi. Proses manajemen media buku Aroma Karsa yang dilakukan oleh PT Bentang Pustaka dan Bookslife meliputi penentuan format media, manajemen kualitas, kebijakan penetapan harga, dan pengaruh pengelolaan konten menunjukkan bahwa secara fisik, Aroma Karsa versi cetak dan digital adalah dua produk yang berbeda. Namun, secara merek dan konten, Aroma Karsa cetak dan digital adalah suatu kesatuan.

 

Kata kunci: Manajemen media, manajemen produk media, konvergensi, studi kasus, Aroma Karsa

 

 

Abstract

 

This study aims to determine the reason and media management process of Aroma Karsa by Dee Lestari which is published in print and digital versions by two different publishers. This study used a qualitative approach with explanatory case study method. The results of this study indicate that Aroma Karsa by Dee Lestari is a media product that implements the convergence step. The media management process of the Aroma Karsa conducted by PT Bentang Pustaka and Bookslife includes the deciding media format, managing quality, pricing policies, and managing content leverage indicating that physically, the printed and digital versions of Aroma Karsa are two different products. However, in terms of brand and content, Aroma Karsa the printed and digital version is one.

 

Keywords: Media management, media product management, convergence, case study, Aroma Karsa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i1.16826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats