STRATEGI PEMASARAN DIGITAL NARAPATI INDAH SYARIAH HOTEL CONVENTION BANDUNG

Mia Rahayu, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Suranto Aw, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) strategi pemasaran digital Narapati Indah Syariah Hotel & Convention Bandung dalam persaingan di era digital sekarang ini 2) faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan strategi pemasaran digital Narapati Indah Syariah Hotel & Convention Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah Manager Operasional, informan pendukung dari penelitian ini adalah bagian Human Capital Department Head, Staff Bidang Umum dan pengunjung hotel. Pengumpulan data dilakukan purposive sampling dengan wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) strategi pemasaran digital di Narapati Indah Syariah Hotel & Convention Bandung mencakup Transaction, Incentive, dan Site Design, dan Interactive. a) Transaction / Cost pada strategi ini berbentuk promosi dengan memanfaatkan promosi tersebut dengan media yang insentif dan sudah dilaksanakan cukup baik b) Incentive pada strategi digital melalui platform yang menarik, tentu menjadi kelebihan dalam setiap promosi pemasaran yang dilakukan. Demikian juga di Narapati Indah Syariah Hotel & Convention Bandung, platformnya sudah diupayakan kearah peningkatan perusahaan c) Site Design parameter dalam strategi ini adalah penampilan site design yang mencerminkan identitas dan Format terbaik untuk situs yang di buat dalam penerapan pemasaran Narapati Indah Syariah Hotel & Convention Bandung, sudah dilaksanakan cukup baik d) Interactive berdasarkan hasil wawancara penulis dengan informan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi yang disampaikan kepada konsumen belum optimal, hal ini terlihat banyaknya kekurangan-kekurangan yang disampaikan oleh pihak hotel. 2) faktor-faktor yng mempengaruhi strategi pemasaran digital Narapati Indah Syariah Hotel & Convention Bandung adalah search engine optimization (SEO), iklan bergambar, design web, email marketing. Dari keempat faktor tersebut yang paling berpengaruh adalah Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari.

                       

Kata kunci: Strategi, Pemasaran Digital, Narapati Indah Syariah Hotel & Convention  Bandung

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i5.16384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mia Rahayu, Suranto Aw

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats