STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GUSHCLOUD INDONESIA DALAM MEMASARKAN PRODUK ES KRIM GLICO WINGS

Angelia Esa Kalingga, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Chatia Hastasari, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Gushcloud Indonesia dalam memasarkan produk es krim Glico Wings. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu Business Development Executive dan Business Development Manager Gushcloud Indonesia untuk campaign es krim Glico Wings. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Gushcloud Indonesia dalam memasarkan produk es krim Glico Wings meliputi enam elemen bauran pemasaran, yaitu: (1) Ada limabelas jenis produk es krim Glico Wings yang dipromosikan oleh Guhscloud Indonesia. (2) Harga es krim Glico Wings dimulai dari Rp 1.000,00 sampai dengan Rp 12.000,00. (3) Es krim Glico Wings didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia yang meliputi Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan serta tempat-tempat seperti Supermarket bahkan warung-warung kecil. (4) Promosi yang dilakukan oleh Gushcloud Indonesia memanfaatkan media sosial Blog, Instagram, dan Youtube milik digital influencer, promo potongan harga dan kompetisi berhadiah. (5) Ada empat digital influencer utama dalam campaign es krim Glico Wings yaitu Salshabilla, Arief Muhammad – Tiara Pangestika, Chandra Liow dan Anak Jajan. (6) Bukti Fisik, An attention-creating medium, perusahaan es krim Glico Wings melakukan diferensiasi pada bentuk produknya. As a message-creating medium, es krim Glico Wings membranding dirinya sebagai es krim nomor satu dari Jepang.

Kata kunci: komunikasi, pemasaran, Gushcloud Indonesia

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i5.16372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Angelia Esa Kalingga, Chatia Hastasari

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats