PENGARUH PENGGUNAAN TESTIMONI PEMBELI TERHADAP TINGKAT BRAND TRUST PADA PEMBELI ONLINE (Survei Terhadap Pembeli Online Shop Shopee pada Mahasiswa di Kecamatan Depok)

Ardila Diana Putri, Chatia Hastasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh testimoni pembeli terhadap Brand trust pembeli online shop Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah Ex-Post Facto. Data yang digunakan merupakan data hasil pengisian kuesioner oleh para responden yang termasuk dalam kategori digital natives yaitu mahasiswa dalam rentang umur 18 sampai 25 tahun. Pengolahan data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta dengan jumlah 30.651 mahasiswa aktif pada tahun 2018. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Multistage Random Sampling, dan ditentukan sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara testimoni pembeli terhadap brand trust/kepercayaan merek pada pembeli online dimana π‘Ÿβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” lebih besar dari π‘Ÿπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (0,490 > 0,195). Hasil dari uji signifikansi menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan jika hipotesis diterima sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara testimoni pembeli terhadap brand trust/kepercayaan merek pada pembeli online.

Kata kunci : E-commerce, Testimoni, Brand trust, Online shop


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i2.15812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Komunikasi

Β 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative CommonsΒ Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats