STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS AKUN TWITTER @SepakbolaSleman DALAM MENJALANKAN FUNGSI MEDIA SEBAGAI EDUKASI

Imam Nur Prasetya, Suranto Aw

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi komunikasi berbasis akun Twitter @SepakbolaSleman dalam menjalankan fungsi media sebagai edukasi, (2) mengetahui faktor pendukung akun Twitter @SepakbolaSleman dalam menjalankan fungsi sebagai media edukasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi dilakukan dengan tiga tahapan. (1) khalayak dilakukan dengan membaur dengan suporter PSS Sleman dan berdiskusi atau berbalas mention. (2)  menyusun pesan pada tweet dengan lugas dan bahasa yang bersahabat, desain visual kreatif, dan selalu berusaha bersifat netral. (3) menetapkan metode dilakukan dengan cara repetisi dan menempatkan dirinya sebagai bagian suporter PSS Sleman Faktor-faktor pendukung dari strategi komunikasi yang diterapkan adalah (1) kemudahan mendapat koneksi internet (2) banyaknya pengguna Twitter di kalangan suporter PSS Sleman (3) Hubungan baik antara  Sleman Football dan klub PSS Sleman (4) suporter PSS Sleman memiliki keinginan dalam mengakses info terkait klub.

 

Kata kunci: Strategi komunikasi, Edukasi, PSS Sleman, Akun Twitter @SepakbolaSleman

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i2.15807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats