STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM PEMBENTUKAN CITRA POSITIF SDIT GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) PERMATA UMMI KERTASEMAYA INDRAMAYU

Alif Lam Mim Huda, Suranto Aw

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi public relations dalam pembentukan citra positif sekolah; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan citra positif SDIT GIS Permata Ummi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SDIT GIS Permata Ummi Kertasemaya Indramayu. Informan penelitian dipilih secara purposive mencakup pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relations SDIT GIS Permata Ummi diwujudkan dalam kegiatan intenal public relations yang meliputi rapat rutin, rihlah, pelatihan guru dan penghargaan teacher of the month. Sementara eksternal public relations meliputi kegiatan sosialisasi, open house, seminar parenting, pawai, field trip dan publikasi. Dalam penelitian ini diketahui beberapa faktor pendukung pelaksanaan strategi public relations ialah kurikulum dan aksi word of mouth, sementara faktor penghambat meliputi fasilitas, kompetensi guru, kendala komunikasi dan struktur dan sistem public relations yang belum ada di sekolah. Pelaksanaan public relations ini juga berdampak pada beberapa hal meliputi terbentuknya citra positif sekolah, peningkatan siswa baru dan eksistensi sekolah di wilayah Indramayu.

 

Kata Kunci: Strategi Public Relations, Citra, Sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v1i1.12621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats