PENGARUH AKTIVITAS AKUATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS ATAS DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Puput Septiyani

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas akuatik terhadap kemampuan motorik
kasar anak tunagrahita ringan kelas atas di SLB N Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian pra eksperimen dan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sebelum
diberikan perlakuan, dilakukan pretest terlebih dahulu yaitu tes kemampuan motorik kasar, setelah itu
diberikan treatment sebanyak 16 kali, kemudian pada akhir pertemuan dilakukan posttest kemampuan
motorik kasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak tunagrahita kelas atas di SLB N
Pembina Yogyakarta berjumlah 38. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi
5%. Penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas akuatik terhadap
kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan kelas atas di SLB N Pembina Yogyakarta. Oleh
karena itu aktivitas akuatik dapat digunakan sebagai aktivitas bagi anak tunagrahita ringan kelas atas
untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar.
Kata Kunci: Aktivitas Akuatik, Kemampuan Motorik Kasar.
Abstract
The research objective is to find out the effect of aquatic activities on the raw motoric skills of retarded
kids in upper class of SLB N Pembina Yogyakarta. This research was the pre experiment one and the research
design was using one group pretest-posttest design. Before being given treatment, it was done a pretest beforehand
such as raw motoric skills tests, and then the treatment was given 16 times, then at the end of the session, it was
conducted posttest raw motoric skills. The population in this study was all retarded kids in upper class of SLB N
Pembina Yogyakarta with the total of 38 kids. The sample in this study was using purposive sampling technique, so
that the sample in this study was for about 10 kids. The data collection techniques in this study used the test and the
data analysis techniques employed t-test with a significance level at 5%. This study suggests that there is
significant effect of aquatic activities on the raw motoric skills of retarded kids in upper class of SLB N Pembina
Yogyakarta. Therefore, aquatic activities can be used as the activity for retarded kids to improve their raw motoric
skills.
Keywords: Aquatic Activities, raw motoric skills

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.