PENGARUH PENGGUNAAN MUTIMEDIA GAME TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA

Andriyanto Andriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia game terhadap kecerdasan
emosional siswa kelas VI SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
experiment, dengan variabel terikat kecerdasan emosional siswa, serta variabel bebas multimedia game.
Desain penelitiannya yaitu pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 39 siswa
kelas VI SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. 19 siswa kelas VI-A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa
kelas VI-B sebagai kelas kontrol. Objek penelitian berupa kecerdasan emosional siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan skala. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini berupa lembar skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia game memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji-t gain score,
kedua kelompok, diperoleh thitung yaitu 5,599 lebih besar dari ttabel (2,093) dan memperoleh nilai
signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter