Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Ari Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak
digunakan dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan mengenal bangun ruang untuk siswa SD
kelas IV. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan, proses penelitian
pengembangan ini mengadaptasi model penelitian pengembangan versi Borg & Gall.Subjek uji coba
multimedia pembelajaran ini melalui tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal dengan subjek 5 siswa,
uji coba lapangan utama 10 siswa, dan uji pelaksanaan lapangan 25 siswa. Data-data diperoleh
melalui metode observasi dan pengamatan langsung di sekolah, serta analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini
setelah melalui uji ahli materi, uji ahli media, kualitas multimedia pembelajaran dikategorikan sangat
baik dan pada hasil akhir uji coba lapangan multimedia pembelajaran ini dikategorikan sangat baik.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mengenal bangun ruang dinyatakan
layak dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter