PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS “NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA”

Andi Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang layak untuk mata
pelajaran IPS pokok bahasan Negara-Negara Asia Tenggara kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Teluk, Purwokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang hanya menggunakan sembilan tahap dari sepuluh tahap
prosedur model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas
VI SD Negeri 1 Teluk, Purwokerto. Subjek uji coba lapangan awal adalah sebanyak 3 siswa, subjek uji coba
lapangan utama adalah sebanyak 8 siswa, dan subyek uji coba lapangan operasional sebanyak 15 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan angket. Analisis data berupa deskriptif
kuantitatif. Penelitian ini telah menggunakan sembilan tahap dari sepuluh tahap prosedur model penelitian dan
pengembangan menurut Borg dan Gall. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan hasil akhir 4,30 dengan
kriteria sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan hasil akhir 4,27 dengan kriteria sangat baik /
layak, dan hasil akhir penilaian pada uji pelaksanaan lapangan adalah 4,39 dengan kriteria sangat baik / layak,
sehingga secara keseluruhan produk multimedia pembelajaran IPS Negara-negara Asia Tenggara dikatakan layak
untuk digunakan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter