PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP

Adityas Kristyan Kridolaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan musik dan suasana belajar yang saling memberdayakan dalam model pembelajaran Quantum Teaching pelajaran matematika, 2) pemanfaatan ikon-ikon sugestif dan “stasiun-staiun kecerdasan” dalam model pembelajaran Quantum Teaching pelajaran matematika, 3) penggunaan bahasa yang unggul dan penyajian materi pelajaran yang prima dalam model pembelajaran Quantum Teaching pelajaran matematika. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas pola kolaboratif dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Temon. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan 2 siklus. Pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah skor aktivitas belajar siswa, rata-rata nilai prestasi belajar dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajar matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa menjadi 15,5 dan masuk kategori aktif, rata-rata nilai prestasi 77,00 dan ketuntasan belajar 84,75%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter