PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI DI SD NEGERI PUREN SLEMAN

Erwin Setyo Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan multimedia pembelajaran Sistem Tata Surya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI di SD Negeri Puren Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI di SD Negeri Puren Sleman Yogyakarta sebanyak 30 siswa. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II .Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes tertulis.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI di SD Negeri Puren Sleman Yogyakarta dapat menggunakan multimedia pembelajaran Sistem Tata Surya. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada keadaan awal siswa sebanyak 23,33%, pada siklus I sebesar 66,67%, dan pada siklus II sebesar 100,00%. Peningkatan rata-rata hasil evaluasi belajar selama penetian berlangsung dimana pada keadaan awal sebesar 69.00, pada siklus ke siklus I sebesar 77.33, dan pada siklus II sebesar 86.67.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter