PENGEMBANGAN ALAT PERAGA EDUKATIF MISTAR BILANGAN BULAT (MISBILBUL) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS IV SDN GOLO UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA YOGYAKARTA

Rangga Andrianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alat peraga edukatif Misbibul yang layak untuk pelajaran Matematika pada pembahasan operasi bilangan bulat kelas IV di SDN Golo Umbulharjo, Yogyakarta. Pengembangan Misbilbul pada penelitian ini mengacu model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN Golo Umbulharjo, Yogyakarta. Media diujikan kepada subyek sebanyak 2 tahap. Uji coba produk dilakukan 3 siswa, uji coba pemakaian melibatkan 27 siswa. Hasil penelitian diperoleh dari validasi materi dengan skor 48 rerata 4,8 kategori “Sangat Baik”. Ahli media diperoleh skor 90 rerata 4,5 kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian tahap uji coba produk dinyatakan “Layak” sebesar 92%, uji coba pemakaian dinyatakan “Layak” sebesar 97%. Kesimpulannya, alat peraga edukatif Misbilbul layak digunakan pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter