ANALISIS KONTEN SERIAL FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN MUSIM 8 DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

Azuna Vion Harnadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk prinsip desain pesan pembelajaran dalam serial film animasi Upin dan Ipin musim 8 (season 8) terkait konten yang disajikan dari aspek prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip penggunaan alat pemusat perhatian, prinsip partisipasi aktif, prinsip umpan balik, dan prinsip perulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten yang disajikan dalam serial film animasi Upin dan Ipin musim 8 menerapkan prinsip desain pesan pembelajaran. Pada prinsip kesiapan dan motivasi adalah pengenalan karakter yang bersemangat dan antusias. Pada prinsip alat pemusat perhatian adalah bentuk ekspresi karakter, efek animasi, dan visual yang memiliki nilai unik dan menarik sehingga menjadi daya tarik yang berujung pada pemusatan perhatian penonton. Pada prinsip partisipasi aktif siswa atau penonton adalah stimulus kepada penonton untuk dipikirkan melalui adegan-adegan yang ada dalam film. Pada prinsip umpan balik adalah terjawabnya pertanyaan dari masalah-masalah atau misteri dalam film. Pada prinsip perulangan adalah pengulangan informasi berupa tambahan, perincian, dan penguatan informasi yang diperbincangkan karakter dalam film.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter