PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEBOMENGGALAN PURWOREJO

Dani Jatmiko

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan multimedia interaktif
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri
Sebomenggalan Purworejo dengan menggunakan metode penelitian eksperimental. Dari hasil
penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan multimedia
interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD
Negeri Sebomenggalan Purworejo. Hal ini telah dibuktikan pada hasil uji-t, dimana thitung=2,853
>ttabel=1,690, dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,007 < taraf signifikan 0,05. Penelitian ini juga membuktikan
bahwa siswa yang menggunakan multimedia interaktif(kelompok eksperimen) memiliki nilai rata-rata
hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan metode ceramah dan
buku teks (kelompok kontrol).
Kata kunci: Multimedia interaktif, Hasil belajar, Siswa SD
Abstract
This study aimed to determine the influence of using interactive multimedia in students’ study
result of learning Islamic Education at 4thgrade in Sebomenggalan Purworejo elementary school.The
method of this research is experiment. The results proved that there was an effect on the use of
interactive multimedia for students’ study result in learning Islamic Education in fourth grade of
Sebomenggalan Purworejo elementary school. Proved from the results of the t-test, where tcount=
2,853 >ttable= 1,690 and Sig. (2-tailed)= 0,007 < significant scale 0,05. This research also proved
that students who using interactive multimedia(experiment class) have higher mean of study result
than students who learning with conventional method (control class).
Keywords:Interactive multimedia, Students’ study result, student of elementary school.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter