PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN PENYIMPANGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SUMBERGIRI

Apriya Kurniawan

Abstract



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VIII di MTS N Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul sebagai sumber belajar dan media pembelajaran yang layak.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Adapun tahapan tersebut yaitu : Pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Tahapan pendahuluan meliputi anaisis kebutuhan yaitu dengan melaksanakan studi pustaka dan studi lapangan. Tahap perencanaan meliputi, analisis tujuan, analisis kemampuan peneliti, menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan menentukan materi pelajaran. Tahap Pengembangan meliputi membuat desain produk, mengumpulkan bahan, finishing produk dan validasi ahli. Setelah produk melalui tahap validasi ahli dan dinyatakan layak maka dilanjutkan dengan tahap uji coba. Tahap uji coba produk, produk multimedia pembelajaran interaktif diuji cobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba awal yang melibatkan 3 siswa, uji coba lapangan melibatkan 9 siswa, dan uji pelaksanaan lapangan yang melibatkan 26 siswa sebagi subjek penelitian. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII MTS Negeri Sumbergiri Ponjong. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan dan aspek pemprograman, kualitas multimedia pembelajaran yang dikembangan dikategorikan baik dengan presesntase 81,27 %. Dengan demikian dari hasil uji pelaksanaan lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran ini telah layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.
Kata Kunci: Pengembangan,multimedia, pembelajaran, IPS, Siswa kelas VIII MTS
Abstract
This study aims to produce interactive multimedia learning subjects of Social Sciences for eighth grade students in MTS N Sumbergiri, Ponjong, as a source of learning and learning media it deserves. This research is the development (research and development). Process development research was conducted with several stages, adapted from the research model development version Borg & Gall. The stages are: Introduction, planning, development, validation expert, field-testing and revision. Preliminary stages include anaisis needs is to carry out library research and field study. The planning stage includes, objective analysis, analysis of the ability of researchers, set standards of competence, basic competence, and determine the subject matter. The development phase includes making product design, collect materials, finishing products and expert validation. After the product through expert validation stage and declared eligible then continued with the test phase. Pilot phase products, multimedia products tested interactive learning to students through three stages: initial trial involving three students, field trials involving nine students, and operational test involving 26 students as a subject of study. Subject test is class VIII MTS Sumbergiri Ponjong State. Data were collected through questionnaires and observations while testing, then the data were analyzed with descriptive quantitative analysis techniques. The results showed that in terms of aspects of learning, materials, appearance and other aspects of programming, multimedia quality learning developed well categorized with 81.27% .With such presesntase of operational test results can be concluded that this study has decent multimedia is used as a source of learning for students.
Keywords : development , multimedia , learning , social studies , students of class VIII MTS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter