PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BAGI SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN

Perdana Linda Budi Winarsih

Abstract



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flipchart yang layak untuk pembelajaran ilmu
tajwid di taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Asy-Syams Kulon Progo. Pengembangan media flipchart
untuk pembelajaran ilmu tajwid menggunakan metode penelitian Research and Development dimana
langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan Borg and
Gall yang disederhanakan menjadi enam langkah utama, yaitu (1) analisis kebutuhan produk yang akan
dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi produk, (4) uji coba
lapangan terbatas dan revisi produk I, (5) uji coba lapangan kelompok kecil dan revisi produk II, (6) uji
coba lapangan kelompok luas dan produk akhir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data penelitian berupa panduan
wawancara, panduan observasi, kamera digital, dan angket lembar penilaian. Hasil uji validasi ahli dan uji
kelayakan produk oleh santri menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rincian: (1) uji ahli materi
mendapat skor rata-rata 4,50 rentang X > 4,08 sangat baik; (2) uji ahli media mendapat skor rata-rata 4,29
rentang X > 4,08 sangat baik; (3) uji lapangan terbatas memperoleh skor rata-rata 4,52 rentang X > 4,08
sangat baik; (4) uji lapangan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,53 rentang X > 4,08 sangat
baik; (5) uji lapangan kelompok luas memperoleh skor rata-rata 4,51 rentang X > 4,08 sangat baik.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, flipchart, ilmu tajwid
ABSTRACT
The study aims to produce the appropriate flipchart media for tajwid science learning in taman
pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Asy-Syams Kulon Progo. The development of flipchart media for tajwid
science learning used the research and development (R and D) method which the steps of the
development taken in sthis study were those in the development procedure by Borg and Gall that written
in six primary steps, cinsisting of: (1) needs analysis of the product development, (2) preliminary product
development, (3) expert validation and revision, (4) limited field tryout and product revision, (5) smallgroup
field tryout and product revision, and (6) large-group field tryout and final product. The data were
collected through observations, interviews, documentations and questionnaire. The research instruments
included an observation guide, an interview guide, digital camera, and assess questionnaire. The overall
result of the expert validation and tryout by students shows that the product was very good with the
following details: (1) the subject matter validation shows a score of 4.50 scale of X > 4.08, which is very
good; (2) the media expert validation shows a score of 4.29 scale of X > 4.08, which is very good; (3) the
limited field tryout shows a score of 4.52 scale of X > 4.08, which is very good; (4) small-group field
tryout shows a score of 4.53 scale of X > 4.08, which is very good; and (5) the large-group field tryout
shows a score of 4.51 scale of X > 4.08, which is very good.
Keywords: development, learning media, flipchart, tajwid science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter