PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI DELANGGU

Aulia Perwiraningtyas

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran
IPS siswa kelas V SDN 1 Sribit Delanggu Klaten dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan beberapa
tahap, yaitu: penelitian tindakan, rencana tindakan siklus I, pelaksanaan tindakan siklus I, observasi
siklus I dan refleksi siklus I. Setelah siklus I selesai lalu dilanjutkan rencana tindakan siklus II,
pelaksanaan tindakan siklus II, observasi siklus II dan refleksi siklus II. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 1 Sribit Delanggu yang berjumlah 17 siswa.Data hasil penelitian dianalisis dengan
teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
keaktifan siswa. Penilaian keaktifan siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 33,56dengan kategori
cukup dan pada siklus II dapat meningkat dengan rata-rata 46,83 dalam kategori baik.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament
Abstract
The aim of this research is to investigate the improvement of the students’ activeness in social
learning of the 5 graders at SDN 1 Sribit Delanggu Klaten by using TGT type. The research belongs
as the Class Action Research by doing some steps. There are action research, plan for the 1􀀂􀀃 cycle
action, the implementation of the 1􀀂􀀃 cycle, observation for the 1􀀂􀀃 cycle and the reflection for the 1􀀂􀀃
cycle. After finishing the 1􀀂􀀃 cycle is continued by planning the 2􀀅􀀆 cycle, the implementation of the
2􀀅􀀆 cycle, observation for the 2􀀅􀀆 cycle and the reflection for the 2􀀅􀀆 cycle. The subject of this
research is 17 students from the 5 graders of SDN 1 Sribit Delanggu Klaten. Thus, quantitative
descriptive technique is employed to analyze the data.This study shows that there is an improvement
of students’ activeness. Rating on the students’ activeness in the 1􀀂􀀃cycle get 33,56 on average
categorized as quite good and improve again in the 2􀀅􀀆 cycle by getting 46,83 on average
categorized as good.
Keywords: cooperative learning model by using Team Games Tournament type

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter