PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOKOTAR UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV DI SDN CATUR TUNGGAL 3 SLEMAN YOGYAKARTA

Titis Prilanto

Abstract



Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif Kokotar yang layak
digunakan untuk pembelajaran tematik integratif tema “Indah Kebersamaan” siswa kelas IV sekolah dasar. Desain
penelitian menggunakan model R&D menurut Borg dan Gall dengan tahapan, meliputi penelitian dan pengumpulan
data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan
utama, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji coba pelaksanaan, penyempurnaan produk akhir. Subjek
penelitian meliputi ahli materi, ahli media dan siswa kelas IV SDN Catur Tunggal 3 Sleman, Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket dengan teknik analisis data deskriptif
kuantitatif. Hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,8 dengan persentase skor 96,9% termasuk
kategori sangat baik. Hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,8 dengan persentase skor 96,9%
termasuk kategori sangat baik. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,1 dengan persentase skor
82% termasuk kategori sangat baik. Pada uji coba lapangan mendapatkan persentase skor 80% termasuk dalam
kategori layak. Uji coba lapangan utama mendapatkan persentase skor 96,2% termasuk dalam kategori layak. Uji
coba lapangan operasional mendapatkan persentase skor 98,3% termasuk dalam kategori layak.
Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Kokotar, Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Purpose of the development research is to create educational game tool named Kokotar that suitable to use
for thematic integrative learning that theme is “Indahnya Kebersamaan” for primary school fourth. The steps of
the research design used R&D model according to Borg and Gall, consist of research dan information collecting,
planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing,
operational product revision, operational field testing, final product revision. The subjects of this research include
material expert, media expert and students of fourth grade at SDN Catur Tunggal 3 Sleman, Yogyakarta. The
techniques of data collection used observation, interview and questionnaire with the techniques of quantitative
descriptive data analysis. Result from media expert get 4,8 as average score with 96,9% percentage and counted
in very well category. Result from material expert get 4,1 as average score with 82% percentage and counted in
very well category. In preliminary field testing get 80% persentage and counted in well category. Main field testing
get 96,2% persentage and counted in well category. Operational field testing get 98,3% persentage and counted in
well category.
Keywords: Educative Game Tools, Kokotar, Fourth Grade Primary School

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter