HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN WANAREJA

Muhammad Rizal

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa di kecamatan Wanareja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru kelas di kecamatan Wanareja yang berjumlah 365 Guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling, sebanyak 40 guru yang terdiri dari 32 guru berstatus PNS dan 8 guru berstatus wiyata bakti. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan angket, dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi sederhana satu prediktor.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Terdapat hubungan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa di kecamatan Wanareja. Uji keberartian koefisien korelasi tersebut dilakukan dengan cara mengonsultasi harga r hitung dengan r tabel, pada α = 5% dengan N = 40 diperoleh r tabel sebesar 0.304. Karena koefisien korelasi antara rx.y = 0.851 > r(0.05)(40) = 0.304, berarti koefisien korelasi tersebut signifikan.
Kata kunci: keterampilan guru, pengelolaan kelas, prestasi belajar
Abstract
This study aimed to determine the relationship between teachers' skills in managing the classroom with student achievement in the district Wanareja.
This study uses a quantitative approach. This research is correlational research. The population used in this study is a first grade teacher in the district Wanareja totaling 365 Teacher. The sampling technique in this research is the random sampling, a total of 40 teachers consisting of 32 teachers are civil servants and 8 teacher status Wiyata devotion. The instrument used to determine the skills of classroom teachers in managing the questionnaire, and to determine student achievement with the analysis of documents. Data analysis techniques in this study using simple regression techniques one predictor.
Based on the results of the data analysis of this study it can be concluded that: There is a relationship between teachers' skills in managing a classroom with student achievement in the district Wanareja. The correlation coefficient significance test done by mengonsultasi price r count with r table, at α = 5% with N = 40 is obtained r table for 0304. Because the correlation coefficient between rx.y = 0851> r (0.05) (40) = 0.304, mean correlation coefficient is significant.
Keywords: teacher skills , classroom management , learning achievement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter