PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA“MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG” UNTUK KELAS V SD NEGERI PAYAK, SRIMULYO, PIYUNGAN BANTUL

Megantoro Megantoro

Abstract



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif
dalam pelajaran Matematika yang layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar oleh siswa kelas
V SD Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang
diadaptasi dan dimodifikasi dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa pedoman wawancara, skala penilaian dan observasi. Validasi instrumen
dilakukan melalui expert judgment. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran
Matematika materi Sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang yang dapat memotivasi siswa dalam
belajar. Sedangkan kelayakan multimedia pembelajaran interaktif ini dibuktikan dengan hasil penilaian
yang dilakukan oleh ahli materi dengan skor 4,4 (kategori sangat baik) dan ahli media dengan skor 3,9
(kategori baik). Produk multimedia pembelajaran interaktif yang diujicobakan kepada siswa kelas V
SD Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Hasil yang diperoleh pada uji coba lapangan awal
sebesar 4,04 (kategori baik), uji coba lapangan sebesar 3,30 (cukup), dan uji pelaksanaan lapangan
sebesar 3,73 (kategori baik). Berdasarkan hasil uji pelaksanaan lapangan yang menunjukan bahwa
multimedia termasuk dalam kategori baik, sehingga secara keseluruhan ultimedia pembelajaran
interaktif Matematika untuk kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan
sebagai salah satu sumber belajar.
Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, mata pelajaran matematika, kelas V sekolah dasar
ABSTRACT
This research was aimed to produce interactive multimedia learning in mathematics which can
be used as learning resource for 5th grade elementary school students in Payak, Srimulyo, Piyungan,
Bantul. The type of this research was research and development adapted and modified from Borg and
Gall. The subjects were 5th grade elementary school students in Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul.
The instruments were interview guide, research scale, and observation. The instrument validation was
done through expert judgement and the data analysis were conducted qualitatively and quantitatively.
The research produced interactive learning multimedia for mathematics in terms characteristic of twodimentional
figure and geometry which can motivate students to learn. Where as the worthness of this
learning multimedia was evidenced by valuation result conducted by the expert judgment through
score rating 4,4 (very good), and media expert score was 3,9 (good). The product of the multimedia
tested to fifth grade elementary school students of Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul. The outcome of
first test was 4,04 (good category), and the field test was 3,30 (enough) and the execution test was 3,73
(good). Based on the field execution test, showed that the multimedia included on good category. Therefore,overall the fifth grade mathematics multimedia developed was avowed possible to use as
learning resource
Keywords: Interactive multimedia learning, Mathematics, Fifth grade elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter