PENGEMBANGAN MIND MAPPING BOOK UNTUK MATA PELAJARAN SOSIOLOGI BAGI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rahmi Rosyidah Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Mind Mapping Book yang layak digunakan pada pelajaran Sosiologi untuk digunakan oleh siswa kelas XI IPS SMA, serta mengetahui keefektifan media pembelajaran hasil pengembangan tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahapan yakni tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, dan revisi produk akhir. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS MAN 1 Yogyakarta dengan jumlah 5 siswa untuk uji coba awal, 15 siswa untuk uji coba lapangan, dan 30 siswa untuk uji lapangan, serta 32 siswa untuk uji keefektifan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) penelitian menghasilkan media pembelajaran Mind Mapping Book yang layak untuk pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI SMA/MA. Hasil uji kelayakan dilihat dari skor rerata 4,51 untuk hasil validasi media, skor rerata 4,2 untuk hasil validasi materi, skor rerata 4,3 untuk hasil uji coba awal, skor rerata 4,2 untuk hasil uji coba lapangan dan skor rerata 4,64 untuk hasil uji lapangan. (2) Media pembelajaran Mind Mapping Book dinilai efektif untuk pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan tes awal dan tes akhir pada kelas uji keefektifan. Dari hasil data tersebut, diperoleh thitung sebesar -2,379 dengan df = 31 dan p sebesar 0,024 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Dapat dikatakan bahwa nilai p lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05 (5%) (p=0,024<0,05).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter