PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PENDIDIKAN KARAKTER TAAT BERAGAMA ISLAM TENTANG PELAKSANAAN SALAT DAN DOA UNTUK SISWA KELAS II SD DONOTIRTO KASIHAN BANTUL

Lingga Bayu Anshori

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan media monopoli taat beragama Islam tentang panduan sholat dan perintah membaca doa yang layak untuk untuk siswa kelas dua SD Donotirto Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development, langkah-langkah dalam penelitian ini ada delapan yaitu pengumpulan data awal, perencanaan, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, revisi produk utama, uji coba operasional, revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua SD Donotirto Kasihan Bantul.
Kelayakan media dibuktikan dengan hasil uji validasi materi (4,7) dan uji validasi ahli media (4,08). Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan awal melibatkan 4 siswa. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh persentase sebesar 85,7% sehingga memenuhi kriteria layak. Uji lapangan utama melibatkan 8 siswa diperoleh presentase 94,6%, sedangkan hasil uji coba operasional menghasilkan 95,5%. Hasil keseluruhan penilaian uji coba Media Monopoli Pendidikan Karakter Taat Beragama Islam untuk siswa kelas dua SD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter