PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERHITUNG MATEMATIKA (U-MATH) UNTUK SISWA KELAS 2 DI SD N 1 BOLONG KARANGANYAR

Dana Andrya Donovan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Alat Permainan Edukatif yang membelajarkan dan yang layak digunakan, untuk melatih siswa agar terbiasa berpikir cepat dalam berhitung pada materi pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba produk awal, uji coba lapangan, revisi tahap 2, uji lapangan, revisi produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas 2 SD N 1 Bolong Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dapat membelajarkan siswa karena: Permainan sesuai dengan tujuan pembelajaran di kelas, Permainan sesuai dengan SK, KD dan Indikator Kurikulum yang digunakan Permainan melibatkan siswa untuk berpikir, Siswa cepat dalam berhitung, Permainan melibatkan siswa untuk berkompetisi. Penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 51 termasuk kategori layak. Penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 77 termasuk kategori layak. Pada uji coba produk awal mendapatkan persentase skor 97,5% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan mendapatkan persentase skor 93,75% termasuk dalam kategori layak. Uji lapangan mendapatkan persentase skor 97% termasuk dalam kategori layak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter