PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MAPEL IPA UNTUK SISWA KELAS V DI SDN KUWARON 1

Ulya Shoffa Hana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak digunakan oleh siswa kelas V SD dalam mata pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Penelitian dilaksanakan melalui tahap pendahuluan, perencanaan, mengembangkan produk awal, validasi ahli media dan materi, uji coba lapangan. Instrumen penilaian menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa multimedia interaktif telah selesai dikembangkan. Pada tahap validasi oleh ahli, ahli materi memberikan nilai 4,40 (sangat baik), dan ahli media memberikan nilai 4,0 (baik). Hasil yang diperoleh pada uji coba perseorangan sebesar 3,93 (baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 4,53 (sangat baik), dan uji coba lapangan sebesar 4,7 (sangat baik). Berdasarkan hasil uji coba lapangan yang menunjukkan kategori sangat baik, maka multimedia interaktif IPA untuk kelas V SDN Kuwaron 1 telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter