PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL CERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK BANTUL YOGYAKARTA

Andika Buyung Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif Karodas yang layak digunakan untuk siswa kelas V SD Negeri Ngentak dan mengetahui pengaruh produk alat permainan edukatif Karodas yang dihasilkan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Desain penelitian menggunakan model R&D menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data berupa instrumen ahli materi, ahli media, siswa, pretest dan posttest untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat permainan edukatif Karodas ini layak digunakan dengan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak (4,8) dengan persentase kelayakan (96 %), validasi ahli media kategori sangat layak (4,46) dengan persentase kelayakan (89,3%), uji coba lapangan mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan utama mendapatkan persentase skor 92,1% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan operasional mendapatkan persentase skor 97,9% termasuk dalam kategori layak.. Pengaruh alat permainan edukatif Karodas ini terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 26,6.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter