PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMENANG BARAT

Elsa Maya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah keseluruhan guru kelas di 6 SD di Kecamatan Pamenang barat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik observasi, Teknik penyebaran angket. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kemampuan pelaksanaan pembelajaran berpengaruh sig terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (0,808>0,360) atau sig<0,05 (0,000<0,05).; 2) kemampuan pelaksanaan pembelajaran berpengaruh sig. terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan nilai
๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (0,365>0,360) atau sig.<0,05 (0,000<0,05); 3) kemampuan evaluasi pembelajaran berpengaruh sig. terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan thitung nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (0,664> 0,360) sig <0,05(0,000<0,05; 4) kemampuan perencanaan pembelajaran, kemampuan pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran secara silmutan berpengaruh dan dapat menjadi predictor yang baik terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan nilai (fhitung > ftabel (3,949 > 3,41) atau dengan sig. 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Kinerja Guru, Profesionalisme, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter