ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 KALASAN

Erlina Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah, dan siswa kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 1 Kalasan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik digital guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Kalasan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran daring. Selain itu guru juga menggunakan aplikasi dan media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran daring. (2) Faktor-faktor pendukung kompetensi guru yaitu terdapat program pelatihan kompetensi baik dari internal sekolah maupun eksternal, sarana dan prasarana, semangat guru untuk belajar, serta kerjasama yang baik antar guru. (3) Faktor penghambat kompetensi guru yaitu keterbatasan kemampuan IT, program pelatihan dari sekolah masih bersifat umum, terkendala waktu untuk mempelajari lebih lanjut materi pelatihan, dan biaya operasional program pelatihan.
Kata kunci: kompetensi guru, pembelajaran daring

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter